Profil Desa


  Sejarah Singkat Desa
        Setiap desa atau daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang  yang merupakan pencerminan dari karakter dan pencirian khas dari suatu daerah. Sejarah desa sering kali tertuang dalam legenda ataupun dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun temurun dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta
Legenda Desa
Legenda desa Dempo Timur mempunyai sejarah yang menarik. Cuma permasalahannya adalah tidak banyak masyarakat di Dempo Timur sendiri yang tahu tentang sejarah desanya. Sehingga dalam penyusunan sejarah desa ini kami (baca tim Penyusun) mengalami kesulitan menggali sumber-sumber yang ada kaitan erat dengan sejarah Desa. Terlalu banyak cerita yang masuk, dan antara satu dengan yang lain berbeda ceritanya. Akhirnya kami merujuk kepada sejarah sebelum adanya Desa Dempo Timur itu sendiri.
Dulu sebelum lahirnya desa Dempo Timur dan Dempo Barat yang ada adalah sebuah Desa yang bernama ’ Desa ’DEMPO ABANG”, Desa ini terletak di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Sebuah desa yang dikelilingi oleh perbukitan dan termasuk wilayah yang terletak di dataran agak tinggi. Desa DEMPO ABANG ini dulu dipimpin oleh seorang ”KLEBUN atau Kepala Desa dan di bantu oleh beberapa PAMONG atau Kepala Dusun serta seorang ”CAREK atau Sekretaris Daerah.

Kemudian karena adanya kebijakan Pemerintah Daerah pada waktu itu, maka Desa DEMPO ABANG ini dimekarkan atau dipisah menjadi 2 (dua) desa yaitu Desa Dempo Barat dan Desa Dempo Timur. Kedua-duanya kemudian masuk wilayah kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan.
 Potensi Desa
2.3.1        =>Sumber Daya Alam, Sarana dan Prasarana
Desa Dempo Timur terdiri dari lahan Pemukiman, pegunungan dan lahan pertanian disamping perikanan. Dalam hal lahan pertanian di Desa Dempo Timur ini yang digunakan adalah berbentuk persawahan dan tegalan. Mayoritas penduduk desa Dempo Timur adalah petani, sehingga dengan adanya lahan atau sawah yang cukup luas sangat berpotensi membantu meningkatkan taraf hidup atau tingkat kesejahteraan penduduk setempat. Adanya lahan yang cukup luas ini apabila digunakan dan diolah dengan baik maka akan penghasilkan hasil pertanian yang melimpah.
Adapun hasil pertanian di desa Dempo Timur adalah tanaman palawija seperti kedelai,kacang tanah,kacang panjang, kacang hijau, jagung,ubi kayu,dsb. Disamping itu juga dari lahan pertanian yang ada menghasilkan pula tanaman padi. Dan dari lahan perkebunan menghasilkan buah yang cukup banyak.
2.2.1        Kelembagaan Desa
Secara umum kelembagaan Desa Dempo Timur tidak jauh berbeda dengan desa-desa yang lain yang ada di kecamatan Pasean. Dibentuknya lembaga-lembaga desa ini adalah sesuai dengan kebutuhan desa. Dimana lembaga-lembaga tersebut dapat menjadi mitra pemerintah desa dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Di Desa Dempo Timur terdapat beberapa kelembagaan desa antara lain :
·           BPD
·           Kader Pembangunan Desa
·           Karang Taruna
·           PKK
·           Kelompok Tani
·           Perkreditan Rakyat
0 Komentar

Disqus Shortna

Comments system