Legenda Desa



Legenda Dsa Dempo Timur mempunyai sejarah yang menarik. Dempo Awang (Shampoe thoe a lang ) Berasal dari nama seorang yang berasal dari china yang bertarung dengan Joko tole  .
          Dulu sebelum lahirnya desa Dempo Timur dan Dempo Barat yang ada adalah sebuah Desa yang bernama ’ Desa ’DEMPO”, Desa ini terletak di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Sebuah desa yang dikelilingi oleh perbukitan dan termasuk wilayah yang terletak di dataran agak tinggi. Desa DEMPO ini dulu dipimpin oleh seorang ”KLEBUN atau Kepala Desa, Kepala Desa Pertama Desa Dempo adalah Ingram ( 1900-1930 ),  Pada Era Kepemimpinan Kepala Desa yang Pertama Ingram ( 1900-1930 ), karena adanya kebijakan Pemerintah Daerah pada waktu itu, maka Desa DEMPO  ini dimekarkan atau dipisah menjadi 2 (dua) desa yaitu Desa Dempo Barat dan Desa Dempo Timur. Kedua-duanya pada saat itu  masuk wilayah kecamatan Waru  Kabupaten Pamekasan.
           Dan pada masa Kepemimpinan H. Muchtar (1957-1990) Kebijakan Pemerintah daerah Kabupaten Pamekasan Kecamatan Waru diMekarkan sehingga Desa Dempo Timur dan Dempo Barat  Masuk Wilayah Kecamatan Pasean.


0 Komentar

Disqus Shortna

Comments system