Sejarah Pembangunan Desa



 Sejarah Pembangunan Desa
Desa Dempo Timur telah mengalami beberapa pergantian kepala Desa, H. Mochtar dari tahun 1957 sampai tahun 1990, H. Ach. Chotib dari tahun 1990 sampai tahun 2006, H. Ach. Humaidy dari tahun 2006 sampai 2013 dan Ramli dari tahun 2013 sampai sekarang. Dalam perjalanan sejarah pembangunan desa Dempo Timur telah banyak mengalami pembangunan yang siknifikan pada era kepemimpinan kades setelah reformasi tahun 1999.
Pembangunan dalam era kepala desa H. Mochtar dari tahun 1967 sampai tahun 1999 menekankan pada transisi desa dari pemisahan atau pemekaran desa dari Dempo Barat dan Dempo Timur., sedangkan pada masa kepemimpinan selanjutnya pembangunan desa terasa ada gelagat yang signifikan pada era H. Ach. Chotib dari tahun 1999 sampai tahun 2006 karena di suport oleh dana dana stimulan oleh kabupaten dan yang paling terasa adalah dana yang bersal dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat yang saat itu bernama PPK atau Program Pengembangan Kecamatan.
Pembangunan desa mulai nampak ada diantaranya jalan-jalan desa Posor dusun dan poros desa yang asalnya hanya tanah berubah menjadi jalan makadam dan telfod. Serta banyak lagi seperti pembangunan jalan rabat beton. Dan pada era kepemimpinan oleh H. Ach. Humaidy dari tahun 2006 sampai 2013, Desa Dempo Timur mulai menata jalan jembatan dan bangunan Sekolah. Dilanjutkan pada era kepimimpinan Ramli dari
Tahun 2013 sampai sekarang, desa Dempo Timur menampakkan desa yang lebih baik didukung dengan infrastruktur desa seperti jalan Raya Desa hingga Pelosok Desa oleh Pemerintah Desa melalui swadaya dan bantuan dana Program dari Nasional (PNPM) dan juga dana stimulan dari Propinsi maupun Kabupaten.
Pembangunan desa Dempo Timur tidak semata hanya pada pembangunan fisik namun juga pada pembangunan SDM diantaranya adalah banyak yang dilakukan oleh pemerintah desa bekerja sama dengan pihak pelaku pendidikan dan juga kesehatan. Dengan begitu banyak faktor pembangunan yang telah dilaksanakan dalam ranah multidemensial oleh desa.
Program yang masuk kedesa Dempo Timur pada masa tahun-tahun pasca reformasi sangat terasa ada keterlibatan masyarakat diantaranya adalah penentuan akan prioritas pembangunan oleh desa dengan begitu, partisipasi yang terlembagakan oleh sistem pembangunan dengan menekankan prinsip membangun bersama masyarkat.
0 Komentar

Disqus Shortna

Comments system