Kelembagaan Desa



Kelembagaan Desa
Secara umum kelembagaan Desa Dempo Timur tidak jauh berbeda dengan desa-desa yang lain yang ada di kecamatan Pasean. Dibentuknya lembaga-lembaga desa ini adalah sesuai dengan kebutuhan desa. Dimana lembaga-lembaga tersebut dapat menjadi mitra pemerintah desa dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Di Desa Dempo Timur terdapat beberapa kelembagaan desa antara lain :
·           BPD
·           Kader Pembangunan Desa
·           Karang Taruna
·           PKK
·           Kelompok Tani
·           Perkreditan Rakyat
BPD ( Badan Permusyawaratan Rakyat ) merupakan lembaga Desa yang berperan dalam mengontrol arah kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Desa, memberi pengarahan dan masukan terhadap pemerintah desa. Sedangkan, Kader Pembangunan Desa berperan merencanakan pembangunan desa serta memberdayakan pemuda pemudi di desa tersebut agar dapatnya ikut berperan aktif dala pembangunan.
Karang Taruna adalah mengakomodir semua kegiatan olah raga dan kepemudaan. Selain itu juga karang taruna merupakan lembaga desa yang berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan desa seperti adanya verja bakti membersihkan selokan dan lainnya.
PKK merupakan lembaga desa yang berhubungan erat dengan kegiatan perempuan, yaitu untuk memberdayakan kaum perempuan yang ada di desa agar tercapai kesejahteraan keluarga.
Perkreditan Rakyat atau Koperasi sangat dibutuhkan masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan taraf hidup social mereka dengan cara memberikan tambahan modal dengan suku bunga yang ringan. Kenyataan pembangunan yang dibutuhkan pada pengembangan ekonomi masyarakat desa senantiasa dibutuhkan penambahan pendekatan pada perkreditan yang mampu memenuhi standar akan prioritas masyarakat desa.
Dengan demikian keberadaan serta peran dan tanggung jawab kelembagaan yang ada di desa Sangay diperlukan. Karena hal ini akan sangat membantu lebih efektifnya statu program pembangunan yaitu dengan dukungan dan kerjasama antara Pemerintah Desa dan lembaga-lembaga desa.
0 Komentar

Disqus Shortna

Comments system